Langsung ke konten utama

Terombang-ambing


Ada yang kini merasa sedang berada di ujung ketidakpastian. Untuk semua hal, entah karir, pendidikan, asmara, keluarga, atau apapun. Merasa sudah sampai pada titik nggak tau mau ngapain lagi. Sudah berusaha untuk tetap berada di jalur yang benar, mengupayakan agar semua berjalan dengan baik, agar kehidupan bisa terus berlanjut. Tapi tetap nihil, kehidupan masih terasa melelahkan, penat, jenuh, dan huft. Apapun itu, kita berharap menemui bahagia-bahagia dengan segera. Kita menghendaki kehidupan seperti orang lain, terlihat begitu lancar dan menyenangkan. Kita kelewat sering membandingkan belum apa-apa nya kita dengan capaian teman sebaya. Mereka sudah di posisi itu, kok kita belum? Tanpa sadar mulai sering mempertanyakan, mengapa semesta tidak berpihak kepada kita?

Aku sengaja menyebut "kita" karena bukan hanya tentang orang-orang di luar sana, tapi juga tentang aku yang akhir-akhir ini pun turut merasakan kondisi sebegitu huft-nya. Mau nyerah? Tapi terus apa? Bukan tidak mau, tapi memang tidak bisa menyerah. Tidak ada tombol "surrend" dalam kehidupan kita untuk kemudian memulai kehidupan yang baru. Kita mau tidak mau harus meneruskan kehidupan, termasuk hari-hari kemarin yang begitu melelahkan. Akan banyak episode-episode serupa di masa yang akan datang. Bedanya, kita akan mulai menerima, kita akan mulai terbiasa, lalu mendewasa.

Eh sebentar, aku sedikit teringat, bukankah sekelas nabi pun sering menghadapi ke-huft-an hidup yang sama.

Ada satu waktu di mana nabi diminta untuk "menyerah" oleh pamannya sendiri, Abu Thalib. Paman yang begitu ia cintai, paman yang sedari awal membela dakwah nabi.

Wahai anak saudaraku, sesungguhnya kaummu telah mendatangiku dan berkata begini dan begitu, maka hentikanlah demi dirimu dan diriku, janganlah engkau bebankan padaku sesuatu yang aku tidak sanggup menanggungnya.

Lantas nabi mengira akan ditelantarkan tanpa pembelaan dan dukungan dari keluarga dekatnya. Hingga dalam kepasrahan dan keteguhan hatinya beliau menjawab,

Wahai paman, demi Allah yang jiwaku berada ditangan-Nya! Andai mereka meletakkan matahari di tanganku dan bulan di tangan kiriku supaya aku meninggalkan agama ini, sungguh aku tidak akan berhenti, hingga Allah memenangkan agama ini atau aku ikut binasa berkalang tanah bersamanya.

Nabi terus mengawali dengan pasrah disertai usaha dan upaya. Nabi menyadari sedari awal bahwa jalan dakwah ini tidak akan mulus, bahwa tantangan ke depan akan terus terbentang. Lalu, bukankah kita juga sama? Sering menyadari bahwa kehidupan ini tidak akan berjalan dengan baik-baik saja, bahwa kehidupan ini terus menawarkan pilihan masalah sedemikian rupa. Kita seketika merasa tidak mampu, namun nyatanya kita masih bertahan sampai di titik ini, melewati bertubi-tubi masalah, bertahun-tahun lamanya.

Aku sedang tidak menawarkan solusi apa-apa pada kehidupan ini. Aku hanya merasa perlu terus menyadari, menyadari, dan menyadari. Untuk kemudian menerima dan berpasrah pada kehendak Ilahi.

"(Ingatlah) ketika Tuhan berkata kepadanya (Ibrahim), "berserahdirilah!" Dia menjawab, "aku berserah diri kepada Tuhan seluruh alam." (QS. Al Baqarah: 131).

Komentar

  1. Akan ada saatnya kopi pait yang diminum tiap hari berubah jadi manis. Aku yakin itu. 😊

    Salam dari pelosok Jawa Tengah. Hehe

    BalasHapus
  2. Padahal makin ke sini makin suka kopi yang pahit. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebagai Pria ...

Bagaimana seharusnya sikap pria kepada wanitanya? Sebagai pria, seringkali kita keliru dalam memberikan perlakuan kepada pasangannya. Beberapa sikap mendasar yang kita anggap benar, bisa jadi merupakan sesuatu yang salah bagi wanita. Kita sering mendengar slogan “wanita selalu benar”, lalu kita menjadikannya seperti bahan olok-olokan. Sedikit berlebihan memang, sebab sangat mungkin jika sebenarnya memang kita -sebagai pria- yang salah. Kita seringkali tidak menyadari telah berbuat keliru terhadap pasangannya. Maka dalam kesempatan ini, sepertinya menarik untuk mengulas sedikit tentang bagaimana seharusnya sikap pria terhadap wanitanya. Inilah beberapa sikap yang seharusnya pria berikan kepada wanitanya: 1.     Jangan menjelaskan, tapi meminta maaf Yups, kalau kita punya salah atau dianggap salah sama pasangan kita, tidak perlu banyak menjelaskan ini itu, it’s percuma. Ketika doi sedang marah, akan susah untuk mau menerima penjelasan kita. Jangankan menerima, mendengarkan saja ras

Miskin Adalah Privilege

  “Miskin adalah privilege”, kalimat yang tiba-tiba muncul dalam pikiran saat berjalan di halaman sekolah pagi tadi. Hari ini giliranku piket sambut di lobi sekolah. Menyambut kedatangan setiap murid dengan senyum, sapa, dan salam. Seperti biasa, aku dan rekan piketku bercanda ala-ala obrolan laki-laki nakal. Suara tawa kami sengaja ditahan atau dipelankan, bahkan sesekali berubah menjadi senyum om-om yang suka booking tempat karaoke. Berat sekali menjaga pandangan dari para perempuan cantik di sini yang notabene memang dibudayakan untuk saling tegur sapa. Sesekali aku membatin, Ya Allah… astaghfirullah… alhamdulillah… Bingung entah harus beristighfar atau bersyukur, keduanya bisa diucapkan dalam satu waktu. Mata yang cukup sehat untuk memandang keindahan paras makhluk-Nya, yang dalam keyakinanku pun akan berdosa jika dipandang secara berlebihan, lebih-lebih dengan pandangan nafsu. Kembali ke topik awal, miskin adalah privilege. Ya, bagiku miskin adalah privilege dari Allah, karena

Terburu-buru

Kali ini agak santai dikit yah, Sebelumnya thanks sudah mau mampir di blogku. Blog yang aku sendiri sampai sekarang ngerasa kurang berbobot, isinya cuma keluhan-keluhan tentang kehidupan. Sepurone yo. hehe Malam ini aku sehat, dan semoga kalian pun sama. Aamiin.   Sedikit kuawali dengan cerita kemarin lusa. Pulang dari Ngaliyan menuju ke Meteseh, seperti biasa aku bermotoran santai. Berangkat dari Ngaliyan menjelang maghrib . Suasana mulai terasa gelap saat aku memasuki kawasan Undip. Tepat di lampu merah depan Undip Inn arah ke Banjarsari, sesuai dengan aba-aba lampu merah aku pun berhenti. Tidak lama kemudian terdengar suara klakson sepeda motor dari arah belakangku. Rupanya dia ingin menyerobot lampu merah itu. Sejurus kemudian aku geser motorku ke tepi, bermaksud memberi ruang agar dia bisa mendahului. Ah barangkali dia sedang terburu-buru, mungkin ada urusan penting yang sudah menunggu. Husnudzan ku. Tidak lama berselang lampu hijau pun menyala. Aku kembali menancap gas b